Rabu, 03 April 2019

RPP K 13 Materi Fotosintesis

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    :  SMPN 11 KUPANG
Mata Pelajaran        :  IPA Biologi
Kelas/semester        VIII / I
Materi Pokok          :  Fotosintesis
Alokasi Waktu       4 X 40 menit

A.      Tujuan Pembelajaran
1.         Peserta didik dapat mengidentifikasi bagian daun yang berperan dalam proses fotosintesis
2.         Peserta didik dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi proses fotosintesis
B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi dasar

Indikator pencapaian Kompetensi
3.1  Mengidentifikasi bagian daun yang berperan dalam proses fotosintesis dan faktor-faktor yang mempengaruhi proses fotosintesis.
3.1.1            Mengidentifikasi bagian daun yang berperan dalam proses fotosintesis
3.1.2        Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi proses fotosintesis.

C.      Materi Pembelajaran
1.      Fakta
Tumbuhan hijau dapat membuat makanannya sendiri melalui proses fotosintesis
2.      Konsep
Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan pada tumbuhan hijau. Beberapa faktor yang diperlukan agar terlaksana proses fotosintesis:
·         Air
Tumbuhan menyerap air dari tanah, kemudian di serap oleh akar kemudian disalurkan melalui pembuluh angkut (xilem) sampain pada daun. Kandungan air di udara dan didalam tanah sangat mempengaruhi laju fotosintesis.
·         Gas karbon dioksida (CO2)
Gas karbon dioksida diperoleh dari udara yang masuk melalui mulut daun (stomata). Seperti halnya air konsentrasi gas karbon dioksida di udara juga sangat mempengaruhi laju fotosintesis.
·         Klorofil
Klorofil disebut juga zat hijau daun. Klorofil terdapat dalam kloroplas. Kloroplas ditemukan pada daun. Klorofil berfungsi untuk menyerap energi cahaya.
·         Cahaya
Cahaya mempunyai panjang gelombang yang bervariasi. Faktor cahaya matahari sangat menentukan laju fotosintesis. Keadaan cuaca yang terang dengan keadaan cuaca mendung memberikan hasil yang berbeda pada aktifitas fotosintesis. 
3.      Prinsip. 
Proses fotosintesis hanya terjadi pada tumbuhan yang berklorofil.
4.      Prosedur
Proses fotosintesis
D.      Metode Pembelajaran
Model pembelajaran : Kooperatif Tipe STAD
Metode                      : Ceramah, diskusidan tanya jawab
E.       Media Pembelajaran
1.         Media: Papan tulis, laptop dan LCD
2.         Alat: Spidol

F.       Sumber  Belajar
Istamar,  Syamsuri.2007.IPA BIOLOGI Untuk SMP Kelas VIII .Erlangga.Malang.
G.      Langkah-langkah Pembelajaran
Sintak
 STAD
Kegiatan Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Guru
Siswa
Fase 1 :
Motivasi dengan memberikan pertanyaan
Pendahuluan
1.    Guru mengucap salam, dan memulai pelajaran  dengan doa
2.    Guru mengecek kehadiran peserta didik.
3.    Guru bertanya kepada peserta didik : menurut kalian, mengapa daun berwarna hijau? Apa yang terkandung di dalamnya? Fungsi dari klorofil/zat hijau daun itu apa?
4.    Guru memberikan motivasi belajar kepada peserta didik dengan memberikan pertanyaan “bagaimana cara tumbuhan membuat makanannya?”
5.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
1.    Salah satu peserta didik  memimpin doa
2.    Peserta didik mendengarkan absensi dari guru.
3.    Peserta didik  menjawab pertanyaan dari guru.



4.    Peserta didik secara antusias mencari jawaban dari guru dan siap memulai pelajaran
5.    Peserta didik mencatat dan mendengarkan tujuan pembelajaran

16
menit
Fase 2 :
Menyajikan atau menyajikan informasi

Kegiatan inti
a.    Mengamati




b.     menanya






c.     Mengumpulkan data





















d.   Mengasosiasikan informasi / data




e.    Mengkomunikasikan
1.    Guru menjelaskan secara umum materi fotosintesis
2.    Guru meminta peserta didik mengamati daun yang ada di sekitar lingkungannya.
3.    Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya

1.      Peserta didik mendengarkan penjelasan guru.
2.      Peserta didik mengamati daun yang ada di sekitar lingkungannya.
3.      Peserta didik bertanya kepada guru tentang materi yang telah disampaikan
48 menit
Fase3: Mengorganisasikan peserta didik ke dalam kelompok-kelompok belajar
1.    Guru membagi peserta didik dalam kelompok secara heterogen yang terdiri daari 4-6 orang.
2.    Guru membagi LKS atau petunjuk praktikum/ eksperimen





3.    Guru meminta setiap kelompok untuk mengambil alat dan bahan yang diperlukan dalam percobaan.



4.    Guru meminta setiap kelompok mengamati bahan-bahan praktikum yang telah disediakan.
5.    Guru mengarahkan peserta didik melakukan percobaan sesuai petunjuk pada LKS.
6.    Guru meminta peserta didik menuliskan data hasil percobaan
1.      Peserta didik duduk secara berkelompok sesuai arahan guru.
2.      Peserta didik menerima LKS atau petunjuk praktikum dan mengerjakan LKS dalam diskusi kelompok masing-masing
3.      Peserta didik  mengambil alat-alat yang diperlukan untuk melakukan percobaan seperti petunjuk pada LKS.
4.      Peserta didik mengamati dan menuliskan jenis-jenis alat dan bahan praktikum
5.      Peserta didik mengikuti arahan guru
6.      Peserta didik menuliskan hasil percobaan ke dalam tabel

Fase:4 Membimbing kelompok  bekerja dan belajar
Selama peserta didik  bekerja di dalam kelompok, guru memperhatikan dan mendorong semua peserta didik untuk terlibat diskusi, dan mengarahkan bila ada kelompok yang melenceng jauh pekerjaannya.
Semua peserta didik terlibat aktif dalam mengemukakan pendapat dan kerja sama dalam kelompok.
Fase 5 : Evaluasi
1.      Guru memberikan kesempatan kelompok untuk mempresentasikan hasil percobaan



2.      Guru mengarahkan jawaban yang berkaitan dengan masalah yang ada pada LKS
1.      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok dan terlibat aktif dalam mengevaluasi hasil kerja kelompok lain.
2.      Peserta didik mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan masalah yang ada di LKS
Fase 6:
Memberikan penghargaan
 Guru memberikan penghargaan berupa pujian kepada peserta didik  atau kelompok yang menjawab pertanyan  dalam pembelajaran.
Peserta didik memberika aplos kepada siswa atau kelompok yang menjawab pertaanyaan

Penutup
1.        Guru membimbing peserta didik membuat kesimpulan terhadap materi pembelajaran
2.        Menutup kegiatan dengan doa
1.      Peserta didik membuat kesimpulan bersama secara cermat.
2.      Seorang peserta didik memimpin doa
16               
menit

H.      Penilaian Hasil Pembelajaran
1.      Teknik Penilaian : Tes tulis
2.      Bentuk Instrumen : Tes PG dan Tes uraian
3.      Contoh Instrumen:
a.       Contoh tes PG
1.      Proses fotosintesis pada sel daun terjadi dalam …
a. kloroplas                              c. inti sel
b. vakuola                                d. dinding sel


b.      Contoh tugas uraian
1.      Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi laju fotosintesis? Jelaskan secara singkat.
2.      Jelaskan  makna perubahan warna pada daun setelah ditetesi larutan iodin!

            Kriteria Penilaian
Skor =
Skor perolehan
X 100

Skor Maksimal


Mengetahui,
Kepala SMP Negri 11 Kupang,


(. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .)
NIP :
Kupang,    Desember  2017
Guru Mata Pelajaran,


(. . . . . . . . . . . . . . . . . . . )
NIK :










Tidak ada komentar:

Posting Komentar